BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Microsoft
Office PowerPoint atau yang lebih dikenal dengan PowerPoint merupakan suatu
program yang diciptakan oleh perusahaan dunia yang bergerak dalam dunia
pemograman yaitu Microsoft yang berbasis di Amerika serikat yang bertujuan
untuk membantu para presenter atau orang yang membawakan presentasi.
PowerPoint diciptakan untuk
membantu dalam membawakan presentasi, dan pada makalah kali ini kami akan membahas PowerPoint dalam bidang pengenalan PowerPoint sampai dengan
design dan layout.
PowerPoint juga memiliki sejarahnya tersendiri, PowerPoint juga mengalami beberapa perbaruan yang bertujuan untuk mempermudah user
untuk mengoperasikan PowerPoint.
Dalam dunia
kerja Power Point mungkin sudah tidak bisa dipisahkan lagi karena hampir setiap
saat PowerPoint diperlukan, mungkin itu mengadakan rapat dengan mitra kerja atau rapat dengan atasan.
PowerPoint juga menjadi hal pokok dalam dalam dunia pendidikan juga, jadi tidak
hanya pada dunia pekerjaan saja.
1.2 Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah pada makalah
ini adalah:
1. Apa saja yang harus di ketahui dalam
mengenal Micosoft Power point
2. Apa saja jenis-jenis layout yang
terdapat dalam PowerPoint
3. Bagaimana cara mendesain dalam
PowerPoint
1.3 Tujuan
Penulisan
a. Dalam makalah ini penulis mencoba
menjelaskan tentang “Mengenal PowerPoint sampai dengan design dan
layout”
b. Untuk melengkapi salah satu tugas mata kuliah Komputer
yang ditugaskan kepada kami.
1.4 Manfaat
Penulisan
Hasil penulisan ini diharapkan dapat memberi manfaat atau
menambah ilmu pengetahuan bagi mahasiswa khususnya, dan bagi masyarakat umumnya
dalam memahami ilmu tentang PowerPoint.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 MENGENAL
MICROSOFT POWER POINT
Microsoft
PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer
untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi
kantoran, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa
program lainnya. Microsoft PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis
sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan
sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di
atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh
kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai
pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari
sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office Power Point.
Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint
2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
PowerPoint
menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk
elektronis. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan komponen-komponen
multimedia yang meliputi:
·
Teks
·
Gambar dan Grafik
·
Foto
·
Suara
·
Film
PowerPoint
juga memungkinkan komunikasi dengan software lain, seperti Microsoft Word
atau Microsoft Excel. Seseorang bisa menyiapkan bahan presentasi melalui
Word lalu memolesnya melalui Power Point, bisa juga dengan Excel dan
menyisipkannya ke PowerPoint.
Setelah Anda membuka PowerPoint, sebuah presentasi
baru dan masih kosong akan muncul pada jendela PowerPoint. Dalam Slide telah
ada kotak khusus untuk menambahkan judul dan subjudul. Tab Ribbon adalah
jalan Anda mengakses berbagai perintah PowerPoint. Jika Anda telah menggunakan
versi sebelumnya dari PowerPoint, Ribbon yang menggantikan sistem menu
tradisional. Di pojok kiri atas Ribbon adalah Tombol Microsoft Office.
Dari sini, Anda dapat mengakses opsi penting seperti New, Save, Save
As, dan Print. Secara default Quick Access Toolbar terletak
di sebelah kanan Tombol Microsoft Office, dan termasuk perintah seperti Undo
dan Redo. Pada bagian kiri jendela, Anda akan melihat perintah dengan task
pane dan tab garis besar, yang muncul secara default. Pada
bagian bawah, daerah kanan dari layar Anda akan menemukan perintah View
(Normal, Slide Sorter, and Slide Show), dan zoom tool. Untuk lebih
jelasnya lihat gambar berikut ini;
Gambar 1.2 Lingkungan Kerja PowerPoint 2007


- Fungsi Tombol Microsoft Office
Tombol Microsoft Office muncul di bagian atas jendela PowerPoint. Bila Anda
mengklik tombol, sebuah menu akan muncul. Dari menu ini Anda dapat membuat
presentasi baru, buka file yang sudah ada, menyimpan file dalam berbagai cara,
dan mencetak. Anda juga dapat menambahkan fitur keamanan, mengirim,
menerbitkan, dan menutup file. Tombol MS. Office berisi fungsi-fungsi utama
dari File, antara lain : New, Open, Save, Save as, Prit, Prepare, Send
& Publish.
Gambar Tombol MS.Office
![]() |
- Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar atau yang juga disebut jalan pintan berisi shortcut
untuk fungsi Save, Undo, and Repeat. Shortcut ini dapat
ditambah maupun dikurangi dengan mengklik panah dropdown di sebelah kanan. Menu
Save, Undo, dan Redo adalah perintah yang muncul secara default
pada Quick Access Toolbar. Anda mungkin ingin menambahkan perintah lain
untuk membuat dan menggunakan fitur spesifik PowerPoint lebih nyaman bagi Anda.
![]() |
Jika Anda ingin mengaktifkan semua pilihan jalan
pintas yang ada didalamnya maka silahkan beri tAnda centang pada semua pilihan
yang ada di dalamnya. Untuk menambah elemen pada Quick Access Toolbar:
·
Klik panah di
sebelah kanan dari Quick Access Toolbar.
·
Pilih perintah
yang Anda ingin tambahkan dari daftar drop down. Pilihan akan muncul di
Quick Access Toolbar. Lihat gambar dibawah ini, dan yang sebelah kanan adalah
hasilnya;
![]() |
![]() |
Gambar. Mengaktifkan Pilihan Quick Access Toolbar
3. Ribbon
Ribbon adalah fasilitas berupa sekumpulan menu jalan pintas yang baru di
PowerPoint 2007, menggantikan sistem tab menu tradisional. Ribbon ini
bisa berupa tab menu dan bisa juga berupa ikon. Hal ini dirancang agar
responsif terhadap keinginan Anda dan mudah digunakan. Bagian utama dari Ribbon
adalah Ribbon Tabs yang berisi sebanyak 7 (tujuh) menu utama yaitu:
Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review dan View. Berikut ini akan
dijelaskan mengenai bagian bagian dariRibbon;
A.
Ribbon Tab
Home
![]() |
Gambar Ribbon Tab Home
Ribbon Tab Home adalah menu yang paling pertama yang
didalamnya terdapat 4 (empat) grup tool dengan fungsinya masing-masing yaitu:
Clipboard, Slides, Font, Paragraph, Drawing dan Editing. Grup tool ini
berfungsi;
- Clipboard, memungkinkan Anda menggunakan tombol copy, paste, cut, dan format painter.
- Slide, didalamnya terdapat tombol add slide, layout, reset dan delete.
- Paragraph, didalamnya terdapat tombol untuk mengatur posisi rataan (alignment), bullet and numbering, line spacing, dan beberapa tombol untuk mengatur paragraph.
- Drawing, didalamnya terdapat tombol Text box, Austoshape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill, Shape Outline, dan Shape Effects.
- Editing, didalamnya terdiri dari tombol Find, Replace, dan Select.
B.
Ribbon Tab
Insert
![]() |
Gambar Ribbon tab Insert
bertujuan untuk memasukkan sesuatu obyek dalam slide presentasi. Tab Insert
terdiri dari beberapa group tool, antara lain :
·
Tables, perintah untuk menambahkan table pada tampilan slide
Anda.
·
Illustrations, didalamnya terdapat tombol yang bisa Anda gunakan
untuk menyisipkan gambar, clipart, photo album, shapes, smartart, dan chart
(grafik).
·
Links, meliputi tombol yang dapat digunakan untuk membuat
link pada slide.
·
Media Clips, untuk menambahkan file sound (suara) atau movie
(film) dalam slide.
C.
Ribbon Tab
Design

Gambar Ribbon Tab Design
Ribbon tab Design, berkaitan
dengan desiain slide pada presentasi. Tab Design terdiri dari beberapa tool
group, antara lain : Page Setup, Themes, dan Background, berfungsi untuk
mendesain slide Anda.
·
Page Setup,didalamnya terdapat tombol untuk mengatur model dari
slide, apakah model portrait atau landscape.
·
Themes, berkaitan desain tema yang sudah disiapkan oleh Ms.
PowerPoint 2007.
·
Background, untuk mengatur latar belakang agar slide tampak
lebih hidup dan indah.
D.
Ribbon Tab Animations

Gambar Ribbon Tab Animations
Pada Ribbon Tab Animations mengatur animasi dalam presentasi.
Melalui tab ini Anda bisa menambahkan berbagai macam bentuk animasi pada slide
Anda. Terdapat 3 tool group yang bisa Anda gunakan, antara lain :
·
Preview, tombol ini biasa juga disebut pratayang atau melihat
sementara hasil dari animasi yang Anda berikan untuk slide Anda.
·
Animations, Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada
slide, terdiri dari animate dan custom animations.
·
Transition
to This Slide, untuk memebrikan
slide pada perpindahan slide yang Anda buat.
E.
Ribbon Tab
Slide Show

Gambar Ribbon Tab Slide Show
Ribbon Tab Slide
Show mengatur bagaimana slide ditampilkan dalam presentasi, termasuk
didalamnya misalnya dari slide berapa yang akan pertama ditampilkan. Menu Slide
Show terdiri dari beberapa tool group, antara lain :
·
Start Slide
Show, untuk menentukan dari mana slide Anda dijalankan,
apakah dari awal (from beginning) atau dari slide yang sedang aktif (from
current slide show) atau pilihan Anda sendiri (custom slide show).
·
Set Up, pada tool group ini terdapat tombol yang bisa
digunakan untuk menyembunyikan slide (hide slide), merekam narasi (record
narration) dan
·
menentukan
urutan slide (rehearse timings) yang akan ditampilkan.
·
Monitors, Anda bisa mengatur resolusi dari slide presentasi
Anda pada toolgroup ini.
F.
Ribbon Tab
Review

Gambar Ribbon Tab Review
Sesuai dengan namanya, maka Review digunakan untuk mereview slide
presentasi sebelum disimpan, dicetak atau dipresentasikan. Terdapat tiga tool
group pada Ribbon Tab Review ini, antara lain :
·
Proofing, digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis
yang Anda buat di slide.
·
Comments, Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda
buat.
·
Protect, Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide
presentasi yang Anda buat.
G.
Ribbon Tab View

Gambar Ribbon Tab View
Menu View berkaitan pilihan-pilihan tampilan slide apakah dalam mode normal
ataukah Anda memilih yang lain. Tool group yang terdapat pada Ribbon Tab
ini antara lain :
·
Presentation
Views, pada bagian ini Anda dapat
melihat keseluruhan dari slide yang telah Anda buat. Anda bisa melihatnya
secara normal, slide sorter, notes page, dan slide show.
Selain itu Anda juga dapat membuat slide Master sesuai dengan desain
yang Anda inginkan.
·
Show/Hide, untuk membantu Anda dalam membuat slide presntasi,
Anda bisa menampilkan penggaris (ruler) dan garis bantu (gridlines).
·
Zoom, Anda dapat memperbesar ukuran slide yang Anda buat
atau secara normal.
·
Color/Grayscale, Pada bagian ini Anda dapat menentukan apakah slide
yang Anda buat berwarna (color) atau hitam putih (grayscale).
·
Window, Anda manata tampilan window PowerPoint apakah secara
cascade, split, atau berpindah ke window lain.
2.2 MEMBUAT SLIDE PRESENTASI
MENGGUNAKAN Ms. POWER POINT 2007
2.2.1 Memulai Ms
Power Point 2007
Ada dua cara
membuka layar kerja MS Power Point 2007 yaitu :
A.
Cara 1
1.
Klik ikon Start
2. Klik All
Programs
3. Klik
Microsoft Office 2007
4. Klik
Microsoft Office Power Point 2007
B.
CARA 2
2.2 Jenis-Jenis Layout
Ada empat
jenis layout pada Office Theme yaitu:
1.
Teks Layouts, yang berisi Layout khusus untuk
menampilkan teks saja, terdiri dari Title Slide yaitu slide untuk judul/awal
presentasi, Title Only hanya memuat judul saja, Title and Teks memuat judul dan
penjelasannya, Title and 2 colom memuat judul dan pembahasan yang disajikan
dalam bentuk 2 kolom.
2.
Content Layouts, yang berisi Gambar, bagan, diagram
dengan lima bentuk yaitu: Blank artinya kosong, Content berisi isinya saja,
Title and Content untuk menampilkan judul dan Isinya, Title and two Content
untuk menmpilkan judul dan dua isi yang disajikan dalam dua kolom, Title, Content
and 2 Content sama dengan Title and Content hanya Content kolom kedua dipecah
lagi menjadi dua baris, Titel 2 Content and Content sama dengan sebelumnya
hanya yang kiri yang dipecah dua, Title and 4 Content sama dengan sebelumnya
hanya kiri dan kanan masing-masing dipecah dua.
3.
Text and Contents Layout,Yaitu
gabungan antara teks dengan gambar, bagan atau diagram, anda dapat memilih
salah satu model yang diinginkan.
4.
Other Layout. Model Slide out yang lain,
misalnya dengan clip art, media dan sebagainya. Anda dapat memilih sesuai
dengan kebutuhan.
2.3 Design
Themes atau Tema
standar adalah kombinasi warna, font, dan efek yang dapat diterapkan
untuk presentasi. PowerPoint menyediakan tema built-in yang memungkinkan
Anda untuk dengan mudah menciptakan presentasi profesional tanpa menghabiskan
banyak waktu. Setiap tema memiliki latar tambahan belakang yang terkait dengan
gaya yang dapat diterapkan pada slide untuk mengubah tema.
a.
Tema
dan Latar Belakang
Bila Anda
membuat presentasi baru di PowerPoint sudah ada tema yang diterapkan meskipun
slide latar belakang putih. Tema default ini disebut Office Theme.
Office Theme terdiri dari latar belakang putih, dan font Calibri
berbagai ukuran untuk judul dan badan teks. Anda bisa juga memasukkan tema yang
Anda ambil dari sumber lain misalnya dari internet. Pilihan lain adalah dengan
memodifikasi tema yang sudah ada menjadi sebuah tema baru.

Anda
dapat menerapkan tema yang berbeda pada slide sebelum Anda menambahkan teks
atau membuat perubahan pada slide standar. Sebuah keuntungan dari hal ini
adalah bahwa lokasi dari teks tidak akan bergerak. Jika Anda menerapkan tema
setelah memasukkan teks pada slide, teks dan Text box mungkin berpindah
tergantung pada tema yang Anda pilih.
![]() |
Anda
harus tahu cara menerapkan tema dan bagaimana untuk beralih ke tema yang
berbeda jika Anda ingin menggunakan fitur ini untuk membuat presentasi. Semua
tema yang ada dalam PowerPoint berada di grup [Themes] di tab [Design].
Menerapkan
Sebuah Tema:
·
Pilih tab [Design].
·
Cari salah satu tema grup [Themes].
Setiap gambar mewakili tema

·
Klik panah drop down untuk
mengakses semua tema.
·
Gerakkan mouse diatas tema untuk
melihat preview langsung dalam presentasi.
![]() |
·
Klik salah satu untuk menerapkan tema ke
slide.
b. Modifikasi
Tema
Anda juga dapat
mengubah warna tema yang sekarang, huruf, dan efek. Misalnya, jika Anda
menerapkan tema Urban, namun ingin menggunakan lebih banyak warna merah dalam
presentasi, Anda dapat mengubah warna tema dan membuat yang baru. Jika Anda
memilih untuk menggunakan gaya font Verdana sehingga presentasi Anda font
akan sesuai dengan logo perusahaan dan bahan-bahan, Anda dapat mengubah
kombinasi huruf dan menyimpannya.
Mengubah Warna
Tema:
·
Pilih perintah [Color] di grup [Themes]
di tab [Design].

·
Gerakkan mouse melalui kelompok
warna untuk menampilkan preview langsung dari kombinasi warna yang
dipilih pada slide.
·
Klik warna pilihan untuk memilihnya.

c.
Mengubah Warna Tema
Jika
Anda belum puas dengan warna tema yang sekarang, Anda bisah mengubahnya menjadi
beberapa kombinasi warna yang lain sesuai kebutuhan Anda. Caranya adalah
lakukan langkah-langkah berikut :
·
Pilih perintah [Color] di grup [Themes]
di tab [Design].
·
Klik
[Create New Theme Colors] dari menu. Sebuah kotak dialog akan muncul.

· Klik pilihan warna untuk menampilkan menu.
Pilih sebuah warna untuk mengubah warna pada slide.

·
Masukkan nama untuk tema baru dengan
kombinasi warna yang juga baru.
·
Klik [Save] untuk menutup jendela
Memilih
Font Tema Yang Sudah Tersedia :
·
Pilih perintah [Font] di grup
Tema di tab [Design].
·
Gerakkan mouse melalui grup font
untuk menampilkan preview langsung dari kombinasi font pada
slide yang dipilih.

·
Klik pilihan font untuk
memilihnya.
Modifikasi
Font Untuk Tema Baru :
·
Pilih perintah [Font] di grup
[Themes] di tab [Design].
·
Klik [Create New Theme Font].
Sebuah kotak dialog akan muncul .
·
Pilih font baru dengan
menggunakan menu drop down.

·
Masukkan nama untuk kombinasi font tema
yang baru.
·
Klik [Save].
Memberi
Efek Khusus Pada Tema:
·
Pilih perintah [Effect] dalam grup
[Themes] di tab [Design]. Sebuah menu akan muncul.

·
Pilih salah satu efek
dari pilihan menu.

d. Memilih
Latar Belakang
Background
Styles atau latar belakang dapat ditambahkan ke
slide setelah tema diterapkan. Dengan gaya dan variasi warna berdasarkan tema.
Bila Anda beralih ke tema yang berbeda, style latar belakang diperbarui
berdasarkan tema warna baru.
Memilih
Background Style:
·
Klik perintah [Background Styles]
dalam latar belakang di grup tab [Design].

·
Klik salah satu model latar belakang
untuk memilihnya. Latar belakang yang baru akan muncul pada slide.

B. Pengaturan Lembar Kerja
a.
Page
setup
Ada
empat ukuran yang sering digunakan untuk mencetak, yakni folio, letter legal
dan A4. Kita juga bisa mengatur ukuran kertas slide power point kita sesuai
dengan keinginan kita. Untuk memilih, merubah dan mengatur ukuran kertas slide
power point anda dapat menggunakan langkah berikut ini:
1. Klik
ribbon design
2. Lalu
klik tombol Page Setup yang ada dibagian kiri ribbon

3. Selanjutnya
pada dialog Page Setup yang di tampilkan, pada kotak slides sizes for pilih
ukuran kertas sesuai dengan selera anda, misalkan ukuran kertas A4
4. Kemudiaan
klik tombol OK
5. Kertas
slide powerpoint akan berubah sesuai dengan ukuran yang anda berikan.

Cara mengatur ukuran
kertas slide powerpoint
·
Bila ukuran kertas yang dicari tidak
ada, maka gunakan ukuran kertas custom dengan cara mengisikan kotak width dan
height dengan angka ukuran lebar dan tinggidari kertas yang dimaksud.
·
Selain menggunakan cara diatas, anda
juga dapat menggunakan cara mencetak slide powerpoint pada ukuran kertas
tertentu (A4, F4, letter, dsb)
b. Slide Orientation
·
Klik pada Ribbon Design.
·
Klik Slide Orientation utuk menentukan page
slide anda Potrait atau Landscape. Di sini saya
memilih Landscape.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Microsoft
PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer
untuk presentasi, Ada empat jenis layout pada Office Theme yaitu, Teks
Layouts Content Layouts
Text and
Contents Layout dan Other Layout. Dalam
design pada ribbon power point terdiri dari Page Setup, Themes, dan Background.
DAFTAR
PUSTAKA
Copyright©2009 Belajar Komputer dan internet;
http://agussale.com, http://q-bong.com , http://dpcworld.com
http://effendi-dmth.blogspot.com/2012/08/powerpoint-2007-cara
mendesain.html#.VJUflA1MA
Star Sands Casino and Resort – Las Vegas, NV, USA
BalasHapusThe Star Sands is a real 샌즈카지노 gem on the Las Vegas Strip, featuring more than 1,200 slot 바카라 사이트 machines and 20 table games. The 메리트카지노 casino is home to more than 200 slot