Selasa, 23 Desember 2014

powerpoint



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Microsoft Office PowerPoint atau yang lebih dikenal dengan PowerPoint merupakan suatu program yang diciptakan oleh perusahaan dunia yang bergerak dalam dunia pemograman yaitu Microsoft yang berbasis di Amerika serikat yang bertujuan untuk membantu para presenter atau orang yang membawakan presentasi.
PowerPoint diciptakan untuk membantu dalam membawakan presentasi, dan pada makalah kali ini kami akan membahas PowerPoint dalam bidang pengenalan PowerPoint sampai dengan design dan layout.
PowerPoint juga memiliki sejarahnya tersendiri, PowerPoint juga mengalami beberapa perbaruan yang bertujuan untuk mempermudah user untuk mengoperasikan PowerPoint.
Dalam dunia kerja Power Point mungkin sudah tidak bisa dipisahkan lagi karena hampir setiap saat PowerPoint diperlukan, mungkin itu mengadakan rapat dengan mitra kerja atau rapat dengan atasan. PowerPoint juga menjadi hal pokok dalam dalam dunia pendidikan juga, jadi tidak hanya pada dunia pekerjaan saja.

1.2       Rumusan Masalah
            Adapun rumusan masalah pada makalah ini adalah:
1.      Apa saja yang harus di ketahui dalam mengenal Micosoft Power point
2.      Apa saja jenis-jenis layout yang terdapat dalam PowerPoint
3.      Bagaimana cara mendesain dalam PowerPoint

1.3      Tujuan Penulisan
a.   Dalam makalah ini penulis mencoba menjelaskan tentang Mengenal PowerPoint sampai dengan design dan layout
b.  Untuk melengkapi salah satu tugas mata kuliah Komputer yang ditugaskan kepada kami.




1.4      Manfaat Penulisan
Hasil penulisan ini diharapkan dapat memberi manfaat atau menambah ilmu pengetahuan bagi mahasiswa khususnya, dan bagi masyarakat umumnya dalam memahami   ilmu tentang PowerPoint.






BAB II
PEMBAHASAN

2.1       MENGENAL MICROSOFT POWER POINT
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Microsoft PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office Power Point. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
PowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk elektronis. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi:
·                      Teks
·                      Gambar dan Grafik
·                      Foto
·                      Suara
·                      Film
PowerPoint juga memungkinkan komunikasi dengan software lain, seperti Microsoft Word atau  Microsoft Excel. Seseorang bisa menyiapkan bahan presentasi melalui Word lalu memolesnya melalui Power Point, bisa juga dengan Excel dan menyisipkannya ke PowerPoint.

Setelah Anda membuka PowerPoint, sebuah presentasi baru dan masih kosong akan muncul pada jendela PowerPoint. Dalam Slide telah ada kotak khusus untuk menambahkan judul dan subjudul. Tab Ribbon adalah jalan Anda mengakses berbagai perintah PowerPoint. Jika Anda telah menggunakan versi sebelumnya dari PowerPoint, Ribbon yang menggantikan sistem menu tradisional. Di pojok kiri atas Ribbon adalah Tombol Microsoft Office. Dari sini, Anda dapat mengakses opsi penting seperti New, Save, Save As, dan Print. Secara default Quick Access Toolbar terletak di sebelah kanan Tombol Microsoft Office, dan termasuk perintah seperti Undo dan Redo. Pada bagian kiri jendela, Anda akan melihat perintah dengan task pane dan tab garis besar, yang muncul secara default. Pada bagian bawah, daerah kanan dari layar Anda akan menemukan perintah View (Normal, Slide Sorter, and Slide Show), dan zoom tool. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini;
Gambar 1.2 Lingkungan Kerja PowerPoint 2007
  1. Fungsi Tombol Microsoft Office
Tombol Microsoft Office muncul di bagian atas jendela PowerPoint. Bila Anda mengklik tombol, sebuah menu akan muncul. Dari menu ini Anda dapat membuat presentasi baru, buka file yang sudah ada, menyimpan file dalam berbagai cara, dan mencetak. Anda juga dapat menambahkan fitur keamanan, mengirim, menerbitkan, dan menutup file. Tombol MS. Office berisi fungsi-fungsi utama dari File, antara lain : New, Open, Save, Save as, Prit, Prepare, Send & Publish.
Gambar Tombol MS.Office


 








  1. Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar atau yang juga disebut jalan pintan berisi shortcut untuk fungsi Save, Undo, and Repeat. Shortcut ini dapat ditambah maupun dikurangi dengan mengklik panah dropdown di sebelah kanan. Menu Save, Undo, dan Redo adalah perintah yang muncul secara default pada Quick Access Toolbar. Anda mungkin ingin menambahkan perintah lain untuk membuat dan menggunakan fitur spesifik PowerPoint lebih nyaman bagi Anda.


 








Jika Anda ingin mengaktifkan semua pilihan jalan pintas yang ada didalamnya maka silahkan beri tAnda centang pada semua pilihan yang ada di dalamnya. Untuk menambah elemen pada Quick Access Toolbar:
·         Klik panah di sebelah kanan dari Quick Access Toolbar.
·         Pilih perintah yang Anda ingin tambahkan dari daftar drop down. Pilihan akan muncul di Quick Access Toolbar. Lihat gambar dibawah ini, dan yang sebelah kanan adalah hasilnya;


 











 



Gambar. Mengaktifkan Pilihan Quick Access Toolbar
3. Ribbon
Ribbon adalah fasilitas berupa sekumpulan menu jalan pintas yang baru di PowerPoint 2007, menggantikan sistem tab menu tradisional. Ribbon ini bisa berupa tab menu dan bisa juga berupa ikon. Hal ini dirancang agar responsif terhadap keinginan Anda dan mudah digunakan. Bagian utama dari Ribbon adalah Ribbon Tabs yang berisi sebanyak 7 (tujuh) menu utama yaitu: Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review dan View. Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagian bagian dariRibbon;




A.                Ribbon Tab Home


 






Gambar Ribbon Tab Home
Ribbon Tab Home adalah menu yang paling pertama yang didalamnya terdapat 4 (empat) grup tool dengan fungsinya masing-masing yaitu: Clipboard, Slides, Font, Paragraph, Drawing dan Editing. Grup tool ini berfungsi;
  • Clipboard, memungkinkan Anda menggunakan tombol copy, paste, cut, dan format painter.
  • Slide, didalamnya terdapat tombol add slide, layout, reset dan delete.
  • Paragraph, didalamnya terdapat tombol untuk mengatur posisi rataan (alignment), bullet and numbering, line spacing, dan beberapa tombol untuk mengatur paragraph.
  • Drawing, didalamnya terdapat tombol Text box, Austoshape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill, Shape Outline, dan Shape Effects.
  • Editing, didalamnya terdiri dari tombol Find, Replace, dan Select.

B.                 Ribbon Tab Insert


 




Gambar Ribbon tab Insert
bertujuan untuk memasukkan sesuatu obyek dalam slide presentasi. Tab Insert terdiri dari beberapa group tool, antara lain :
·         Tables, perintah untuk menambahkan table pada tampilan slide Anda.
·         Illustrations, didalamnya terdapat tombol yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan gambar, clipart, photo album, shapes, smartart, dan chart (grafik).
·         Links, meliputi tombol yang dapat digunakan untuk membuat link pada slide.
·         Media Clips, untuk menambahkan file sound (suara) atau movie (film) dalam slide.

C.            Ribbon Tab Design
Gambar Ribbon Tab Design
Ribbon tab Design, berkaitan dengan desiain slide pada presentasi. Tab Design terdiri dari beberapa tool group, antara lain : Page Setup, Themes, dan Background, berfungsi untuk mendesain slide Anda.
·         Page Setup,didalamnya terdapat tombol untuk mengatur model dari slide, apakah model portrait atau landscape.
·         Themes, berkaitan desain tema yang sudah disiapkan oleh Ms. PowerPoint 2007.
·         Background, untuk mengatur latar belakang agar slide tampak lebih hidup dan indah.
D.                Ribbon Tab Animations

Gambar Ribbon Tab Animations



Pada Ribbon Tab Animations mengatur animasi dalam presentasi. Melalui tab ini Anda bisa menambahkan berbagai macam bentuk animasi pada slide Anda. Terdapat 3 tool group yang bisa Anda gunakan, antara lain :
·         Preview, tombol ini biasa juga disebut pratayang atau melihat sementara hasil dari animasi yang Anda berikan untuk slide Anda.
·         Animations, Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations.
·         Transition to This Slide, untuk memebrikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat.
E.          Ribbon Tab Slide Show
Gambar Ribbon Tab Slide Show
Ribbon Tab Slide Show mengatur bagaimana slide ditampilkan dalam presentasi, termasuk didalamnya misalnya dari slide berapa yang akan pertama ditampilkan. Menu Slide Show terdiri dari beberapa tool group, antara lain :
·         Start Slide Show, untuk menentukan dari mana slide Anda dijalankan, apakah dari awal (from beginning) atau dari slide yang sedang aktif (from current slide show) atau pilihan Anda sendiri (custom slide show).
·         Set Up, pada tool group ini terdapat tombol yang bisa digunakan untuk menyembunyikan slide (hide slide), merekam narasi (record narration) dan
·         menentukan urutan slide (rehearse timings) yang akan ditampilkan.
·         Monitors, Anda bisa mengatur resolusi dari slide presentasi Anda pada toolgroup ini.

F.                 Ribbon Tab Review
Gambar Ribbon Tab Review
Sesuai dengan namanya, maka Review digunakan untuk mereview slide presentasi sebelum disimpan, dicetak atau dipresentasikan. Terdapat tiga tool group pada Ribbon Tab Review ini, antara lain :
·         Proofing, digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide.
·         Comments, Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.
·         Protect, Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang  Anda buat.
G.         Ribbon Tab View





Gambar Ribbon Tab View
Menu View berkaitan pilihan-pilihan tampilan slide apakah dalam mode normal ataukah Anda memilih yang lain. Tool group yang terdapat pada Ribbon Tab ini antara lain :
·         Presentation Views, pada bagian ini Anda dapat melihat keseluruhan dari slide yang telah Anda buat. Anda bisa melihatnya secara normal, slide sorter, notes page, dan slide show. Selain itu Anda juga dapat membuat slide Master sesuai dengan desain yang Anda inginkan.
·         Show/Hide, untuk membantu Anda dalam membuat slide presntasi, Anda bisa menampilkan penggaris (ruler) dan garis bantu (gridlines).
·         Zoom, Anda dapat memperbesar ukuran slide yang Anda buat atau secara normal.
·         Color/Grayscale, Pada bagian ini Anda dapat menentukan apakah slide yang Anda buat berwarna (color) atau hitam putih (grayscale).
·         Window, Anda manata tampilan window PowerPoint apakah secara cascade, split, atau berpindah ke window lain.

2.2   MEMBUAT SLIDE PRESENTASI MENGGUNAKAN Ms. POWER POINT 2007
2.2.1    Memulai Ms Power Point 2007
Ada dua cara membuka layar kerja MS Power Point 2007 yaitu :
A.     Cara 1
1.      Klik ikon Start
2.      Klik All Programs
3.      Klik Microsoft Office 2007
4.      Klik Microsoft Office Power Point 2007

B.              CARA 2
Double klik pada Shortcut MS Power Point 2007 (http://nurmanspd.files.wordpress.com/2011/10/gbr-1.jpg?w=690)pada layar desktop
2.2       Jenis-Jenis Layout
Ada empat jenis layout pada Office Theme yaitu:
1.      Teks Layouts, yang berisi Layout khusus untuk menampilkan teks saja, terdiri dari Title Slide yaitu slide untuk judul/awal presentasi, Title Only hanya memuat judul saja, Title and Teks memuat judul dan penjelasannya, Title and 2 colom memuat judul dan pembahasan yang disajikan dalam bentuk 2 kolom.
2.      Content Layouts, yang berisi Gambar, bagan, diagram dengan lima bentuk yaitu: Blank artinya kosong, Content berisi isinya saja, Title and Content untuk menampilkan judul dan Isinya, Title and two Content untuk menmpilkan judul dan dua isi yang disajikan dalam dua kolom, Title, Content and 2 Content sama dengan Title and Content hanya Content kolom kedua dipecah lagi menjadi dua baris, Titel 2 Content and Content sama dengan sebelumnya hanya yang kiri yang dipecah dua, Title and 4 Content sama dengan sebelumnya hanya kiri dan kanan masing-masing dipecah dua.
3.      Text and Contents Layout,Yaitu gabungan antara teks dengan gambar, bagan atau diagram, anda dapat memilih salah satu model yang diinginkan.
4.      Other Layout. Model Slide out yang lain, misalnya dengan clip art, media dan sebagainya. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

2.3      Design
Themes atau Tema standar adalah kombinasi warna, font, dan efek yang dapat diterapkan untuk presentasi. PowerPoint menyediakan tema built-in yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menciptakan presentasi profesional tanpa menghabiskan banyak waktu. Setiap tema memiliki latar tambahan belakang yang terkait dengan gaya yang dapat diterapkan pada slide untuk mengubah tema.



a.      Tema dan Latar Belakang
Bila Anda membuat presentasi baru di PowerPoint sudah ada tema yang diterapkan meskipun slide latar belakang putih. Tema default ini disebut Office Theme. Office Theme terdiri dari latar belakang putih, dan font Calibri berbagai ukuran untuk judul dan badan teks. Anda bisa juga memasukkan tema yang Anda ambil dari sumber lain misalnya dari internet. Pilihan lain adalah dengan memodifikasi tema yang sudah ada menjadi sebuah tema baru.


Anda dapat menerapkan tema yang berbeda pada slide sebelum Anda menambahkan teks atau membuat perubahan pada slide standar. Sebuah keuntungan dari hal ini adalah bahwa lokasi dari teks tidak akan bergerak. Jika Anda menerapkan tema setelah memasukkan teks pada slide, teks dan Text box mungkin berpindah tergantung pada tema yang Anda pilih.


 








Anda harus tahu cara menerapkan tema dan bagaimana untuk beralih ke tema yang berbeda jika Anda ingin menggunakan fitur ini untuk membuat presentasi. Semua tema yang ada dalam PowerPoint berada di grup [Themes] di tab [Design].

Menerapkan Sebuah Tema:
·         Pilih tab [Design].
·         Cari salah satu tema grup [Themes]. Setiap gambar mewakili tema

·         Klik panah drop down untuk mengakses semua tema.
·         Gerakkan mouse diatas tema untuk melihat preview langsung dalam presentasi.


 













·        Klik salah satu untuk menerapkan tema ke slide.

b.      Modifikasi Tema
Anda juga dapat mengubah warna tema yang sekarang, huruf, dan efek. Misalnya, jika Anda menerapkan tema Urban, namun ingin menggunakan lebih banyak warna merah dalam presentasi, Anda dapat mengubah warna tema dan membuat yang baru. Jika Anda memilih untuk menggunakan gaya font Verdana sehingga presentasi Anda font akan sesuai dengan logo perusahaan dan bahan-bahan, Anda dapat mengubah kombinasi huruf dan menyimpannya.
Mengubah Warna Tema:
·         Pilih perintah [Color] di grup [Themes] di tab [Design].


·         Gerakkan mouse melalui kelompok warna untuk menampilkan preview langsung dari kombinasi warna yang dipilih pada slide.
·         Klik warna pilihan untuk memilihnya.




c.       Mengubah Warna Tema
Jika Anda belum puas dengan warna tema yang sekarang, Anda bisah mengubahnya menjadi beberapa kombinasi warna yang lain sesuai kebutuhan Anda. Caranya adalah lakukan langkah-langkah berikut :
·         Pilih perintah [Color] di grup [Themes] di tab [Design].
·         Klik [Create New Theme Colors] dari menu. Sebuah kotak dialog akan muncul.

·     Klik pilihan warna untuk menampilkan menu. Pilih sebuah warna untuk mengubah warna pada slide.


·         Masukkan nama untuk tema baru dengan kombinasi warna yang juga baru.
·         Klik [Save] untuk menutup jendela

Memilih Font Tema Yang Sudah Tersedia :
·         Pilih perintah [Font] di grup Tema di tab [Design].
·         Gerakkan mouse melalui grup font untuk menampilkan preview langsung dari kombinasi font pada slide yang dipilih.

·         Klik pilihan font untuk memilihnya.

Modifikasi Font Untuk Tema Baru :
·         Pilih perintah [Font] di grup [Themes] di tab [Design].
·         Klik [Create New Theme Font]. Sebuah kotak dialog akan muncul .
·         Pilih font baru dengan menggunakan menu drop down.


·         Masukkan nama untuk kombinasi font tema yang baru.
·         Klik [Save].

Memberi Efek Khusus Pada Tema:
·         Pilih perintah [Effect] dalam grup [Themes] di tab [Design]. Sebuah menu akan muncul.


·         Pilih salah satu efek dari pilihan menu.


d.      Memilih Latar Belakang














Background Styles atau latar belakang dapat ditambahkan ke slide setelah tema diterapkan. Dengan gaya dan variasi warna berdasarkan tema. Bila Anda beralih ke tema yang berbeda, style latar belakang diperbarui berdasarkan tema warna baru.


Memilih Background Style:
·         Klik perintah [Background Styles] dalam latar belakang di grup tab [Design].


·         Klik salah satu model latar belakang untuk memilihnya. Latar belakang yang baru akan muncul pada slide.

B.     Pengaturan Lembar Kerja
a.      Page setup
Ada empat ukuran yang sering digunakan untuk mencetak, yakni folio, letter legal dan A4. Kita juga bisa mengatur ukuran kertas slide power point kita sesuai dengan keinginan kita. Untuk memilih, merubah dan mengatur ukuran kertas slide power point anda dapat menggunakan langkah berikut ini:
1.      Klik ribbon design
2.      Lalu klik tombol Page Setup yang ada dibagian kiri ribbon
Gambar: Cara mengatur ukuran kertas melalui page setup microsoft powerpoint
3.      Selanjutnya pada dialog Page Setup yang di tampilkan, pada kotak slides sizes for pilih ukuran kertas sesuai dengan selera anda, misalkan ukuran kertas A4
4.      Kemudiaan klik tombol OK
5.      Kertas slide powerpoint akan berubah sesuai dengan ukuran yang anda berikan.
Gambar: Cara mengatur ukuran kertas melalui page setup microsoft powerpoint

Cara mengatur ukuran kertas slide powerpoint
·         Bila ukuran kertas yang dicari tidak ada, maka gunakan ukuran kertas custom dengan cara mengisikan kotak width dan height dengan angka ukuran lebar dan tinggidari kertas yang dimaksud.
·         Selain menggunakan cara diatas, anda juga dapat menggunakan cara mencetak slide powerpoint pada ukuran kertas tertentu (A4, F4, letter, dsb)

b.      Slide Orientation
·         Klik pada Ribbon Design.
·         Klik Slide Orientation utuk menentukan page slide anda Potrait atau Landscape. Di sini saya memilih Landscape.

Mendesain background Powerpoint 2007
























BAB III
PENUTUP

3.1       KESIMPULAN
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi, Ada empat jenis layout pada Office Theme yaitu, Teks Layouts Content Layouts Text and Contents Layout dan Other Layout. Dalam design pada ribbon power point terdiri dari Page Setup, Themes, dan Background.


























DAFTAR PUSTAKA

Copyright©2009 Belajar Komputer dan internet; http://agussale.com, http://q-bong.com , http://dpcworld.com

1 komentar:

  1. Star Sands Casino and Resort – Las Vegas, NV, USA
    The Star Sands is a real 샌즈카지노 gem on the Las Vegas Strip, featuring more than 1,200 slot 바카라 사이트 machines and 20 table games. The 메리트카지노 casino is home to more than 200 slot

    BalasHapus